Kasih Karunia, Anugerah dan Natal

Damai sejahteraKu Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu.
(Yohanes 14:27a)

Tuhan Yesus berkata dengan jelas sekali, “Apa yang kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu…” Apa yang Tuhan berikan yang tidak dapat diberikan oleh dunia?

Philip Yancey menceritakan sebuah pertanyaan Gordon McDonald dalam sebuah percakapan dengannya: Hal apakah yang dapat diberikan gereja [kekristenan] yang tidak dapat diperoleh dunia di manapun juga?

Kita tidak perlu harus menjadi seorang Kristen untuk dapat melakukan aksi soal membantu orang-orang yang kekurangan, pemulung, pengemis, atau pun anak jalanan. Tidak harus jadi orang Kristen untuk memiliki visi membangun sebuah rumah singgah untuk orang-orang membutuhkan. Tidak harus jadi orang Kristen untuk dapat berguna bagi kemajuan bangsa dan negara. Tidak harus jadi orang Kristen untuk dapat berdoa bagi banyak orang. Tidak harus jadi orang Kristen untuk dapat lebih mengasihi orang tua dan keluarga. Tidak harus beragama Kristen untuk dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Bahkan, kenyataannya, kita dapat dengan mudah menemukan ada yang banyak orang di dalam dunia ini yang lebih saleh, baik, dan dermawan daripada orang Kristen.
Ada banyak guru, agama, dan tradisi-tradisi yang dapat memberikan ajaran moral yang baik. Jadi, tidak harus menjadi Kristen untuk menjadi orang yang baik.

Lalu… hal apakah yang dapat diberikan oleh kekristenan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia?

Grace. Kasih karunia. Penerimaan tanpa syarat. Yang memerdekakan kita. Yang membawa damai sejahtera. Dan itulah tepatnya Bayi Yesus bawa dalam kehadiranNya di natal pertama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s