Hemingway dan Kehidupan Tanpa Anugerah

Hemingway sangat tahu tentang dunia tanpa kasih karunia. Orangtuanya sangat taat beragama. Kakek dan neneknya kuliah di Wheaton College yang sangat rohani. Karena itulah mereka membenci pergaulan bebas Hemingway. Kehidupan seperti itu dianggap hina dan penuh dosa oleh keluarganya sendiri. Yang lebih pahit, adalah kenyataan bahwa tidak lama berselang, ibunya pun tidak mau lagi bertemu dengannya.

Ketika suatu kali Hemingway berulang tahun, ibunya mengirimkan kue… bersama dengan sepucuk pistol yang digunakan ayahnya untuk bunuh diri.

Pada ulang tahunnya yang lain, ibunya menulis surat yang menggambarkan kehidupan seorang ibu seumpama bank, “Setiap anak yang lahir dari ibunya memasuki dunia dengan rekening besar dan berlimpah di bank (ibunya), yang tampaknya tidak pernah habis.” Anak itu terus menarik uang tetapi tidak pernah memasukkan uang pada tahun-tahun pertamanya. Belakangan, setelah anak itu dewasa, adalah menjadi tanggung jawab si anak untuk mengisi kembali tabungan yang ia tarik. Ibunda Hemingway jelas memintanya untuk membayar semua jerih lelah dan uang yang telah dihabiskan untuk membesarkannya.

Bahkan sang ibu melanjutkan pressure-nya dan mengharuskan Hemingway juga berusaha untuk membayar keselamatan yang telah Kristus berikan sebagai Juruselamatnya. “Jika engkau percaya Yesus, engkau tidak boleh mengabaikan tugasmu pada Allah dan Juruselamatmu.”

Tidak heran, jika Hemingway tidak pernah bisa menghapuskan kebenciannya pada ibunya dan pada Juruselamatnya. Ia tidak pernah merasakan anugerah. Ia harus membayar untuk segala sesuatu yang telah ia terima. Tidak seorang pun yang cukup tulus untuk menolongnya tanpa pamrih.

Inilah dunia tanpa kasih karunia. Inilah alasan mengapa dunia membutuhkan natal? Karena anugerah atau kasih karunia bermula dalam sejarah dengan kelahiran bayi Natal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s