Menjadi Gereja Pembelajar

Sebagian anda mungkin merasa tidak asing dengan judul di atas. Ya, harus diakui judul itu terinspirasi dari buku “Menjadi Manusia Pembelajar” karya Andrias Harefa yang luar biasa.  Ide dasar buku itu adalah bahwa belajar sesungguhnya sama sekali bukan melulu soal sekolah di institusi pendidikan resmi.  Belajar adalah soal hidup. Belajar seharusnya dihidupi setiap hari di mana pun dan kapan pun.  Kita perlu menuntut diri untuk menjadi manusia yang dapat belajar kapan pun, dari media apapun, dan sampai kapan pun.  We need to be a student for a life time.

Menjadi gereja pembelajar pun berangkat dari ide yang sama. Untuk kemajuan dan pertumbuhan gereja yang senantiasa diharapkan oleh orang percaya, kita perlu menjadi gereja yang tidak pernah berhenti belajar. Kita harus menjadi gereja yang bisa dan mau belajar dari gereja-gereja mana pun, dengan media apapun, dan sampai kapan pun.

Dan inilah tepatnya yang sedang saya lakoni saat ini.

Saya berada di Jakarta dua hari ini–dan masih sampai besok (02/05). Ini hari kedua seminar kepemimpinan yang diadakan oleh Jakarta Praise Christian Church (JPCC): Relevant Leadership Seminar 2009 dengan tema “Raising the Standard”.   Apa yang saya rasakan?  Wow!  I feel really blessed these days. They’re very inspiring!

Saya menemukan spirit yang, jujur saja, tidak saya temukan di denominasi saya selama ini.  Sebuah spirit yang menggerakkan. Ada passion di sana. Enthusiasm.  Spiritfull. Keantusiasan yang jarang, kalau tidak ingin dikatakan tidak nampak, di kalangan injili.

Dan satu lagi catatan saya: they do church different… but relevant.

Saya sangat antusias untuk memperbaharui semangat dan pelayanan kami di gereja dengan kegerakan yang baru. Dan pastinya saya tahu betapa kami sebagai gereja masih harus terus belajar dan memiliki keterbukaan untuk belajar dari gereja lain yang lebih dulu berhasil–tanpa memulainya selalu dengan kritik lebih dulu.

Kita perlu menjadi gereja pembelajar untuk pertumbuhan gereja.

Leave a Reply

