Tahun Baru, Kehidupan Baru?

Sudah tujuh hari berlalu di tahun baru. Banyak harapan yang biasa muncul untuk tahun baru seperti ini. Banyak impian dibisikkan dalam doa. Banyak hal yang dirindukan dapat berubah pada tahun yang baru. Itu sudah menjadi tradisi umum.

Tetapi sungguhkah tahun baru berarti kehidupan yang baru?

Dari pengalaman hidup bertahun-tahun, saya kira setiap kita tahu bahwa sesungguhnya tidak memberikan apapun yang baru bagi kita, selain kalendar. Tidak ada kehidupan baru yang dimulai. Tidak ada perubahan apapun dalam segala aspek kehidupan kita setiap pergantian tahun terjadi.

Seorang pembicara motivator, Mario Teguh, dalam sebuah seminar di televisi beberapa bulan lalu mengatakan, “Apa gunanya pakaian baru, tanpa hati yang baru.”

Kalimat ini memiliki makna yang sangat dalam. Perubahan tidak penting terjadi di luar diri, tetapi perubahan yang selalu penting terjadi adalah di dalam diri kita masing-masing.

Minggu lalu saya berkhotbah dengan tema “The Breakthrough”.  Di dalam Alkitab, Yesus juga mengajarkan hal yang serupa. “Tidak seorang pun menaruh anggur baru dalam kantong kulit lama, jika demikian maka anggur baru itu akan mengoyakkan kantong itu. Dan keduanya terbuang sia-sia.” (Markus 2:22-23).

Tuhan Yesus mengajarkan bahwa kebenaran yang baru kita kenali tidak dapat ditaruh pada pola pikir yang kuno (lama).  Setiap orang harus selalu terbuka untuk berubah.

Setiap kita yang merindukan perubahan, pada intinya, harus bersedia dan MELAKUKAN perubahan.

Jika anda menantikan perubahan yang hebat tahun ini dalam kehidupan anda, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah MELAKUKAN PERUBAHAN.

Jangan menunggu. Jangan menanti kondisinya berubah. Keluarga kita berubah. Kondisi ekonomi berubah. Jangan menunggu hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan seperti ini untuk berubah. Tetapi, mulailah untuk berubah. Lakukanlah dimulai dari diri anda sendiri.

[Silahkan baca tulisan saya, “The Breakthrough” untuk lebih detilnya mengenai apa yang perlu kita ubah dalam diri kita.]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s