Hati Memberi

Pada tahun 1884, seorang gadis kecil bernama Hattie May Wiatt berdiri dan menangis di luar pintu gereja baptis kecil di Philadelphia, Pennsylvania. Ia berusia 8 tahun dan ingin ikut Sekolah Minggu, tetapi gerejanya kecil dan penuh sesak. Ia menangis dan terpaksa berjalan pulang ke rumah tanpa dapat masuk ke gereja itu.

Ketika itu Russell Conwell, seorang pendeta perang sipil datang dan menggendong Hattie yang masih menangis dan mendudukannya di sudut ruangan yang gelap. Sejak itu, setiap kali Russell melihat Hattie, Ia berjanji akan membuat ruang SM yang lebih besar supaya teman-teman Hattie juga beroleh tempat dan kesempatan untuk mendengar tentang Tuhan Yesus.

Dua tahun kemudian, Hattie meninggal dunia. Seseorang mengangkat tubuhnya yang kurus dari tempat tidur dan menemukan sebuah dompet yang kusut. Di dalam dompetnya terselip uang 57 sen dan sebuah kertas catatan bertuliskan, “Uang ini untuk membangun gereja menjadi lebih besar supaya anak-anak dapat datang ke Sekolah Minggu.” Dengan menangis sambil membaca catatan itu, Russell berdiri di hadapan jemaatnya dan menantang mereka untuk memberi agar dapat membangun gedung SM yang besar.

Respon yang luar biasa terjadi, jemaat mulai tergerak untuk memberi karena begitu tersentuh dengan hati Hattie yang begitu tulus dan memberi bagi Tuhan. Begitu dimulai pengumpulan dana tersebut, segera dalam waktu singkat terkumpullah uang dengan berlimpah—sampai akhirnya mereka tidak hanya dapat membangun sebuah gedung Sekolah Minggu yang besar, tetapi juga gedung gereja yang baru yang lebih besar, klinik kesehatan masyarakat, ruang kursus dan ruang penggembalaan.

Tahun 1912, Russell Conwell berkhotbah tentang berkat Allah yang terus melimpah karena uang 57 sen pemberian Hattie. Nama gereja diubah menjadi Temple Baptist Church. Kliniknya terus bertumbuh dan saat ini menjadi rumah sakit terbesar di Philadelphia yang melayani ribuan pasien setiap tahun. Ruang kursusnya berubah menjadi Temple University yang juga kini menjadi universitas terbesar di Pennsylvania.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s