Krismon (Lagi)?

Minggu-minggu ini adalah masa yang berat bagi banyak orang, terutama para pengusaha.  Hampir semua jemaat yang saya ajak ngobrol mengisahkan hal yang sama: sekarang ini omzet toko turun drastis.  Kata “yah biasalah” yang seringkali dipakai ketika menggambarkan kondisi usaha belakangan ini semakin jarang terdengar.  Kata lebih sering terdengar adalah “pan se” (setengah mati, bhs. Mandarin).

Ini memang bukan kondisi yang kita semua harapkan.  Iklim ekonomi dunia yang memburuk membuat semua orang terkena imbasnya. Tidak hanya pengusaha kecil menengah saja yang pusing, tetapi juga pengusaha besar yang terbilang berada pun berada dalam keadaan yang serupa.

Apakah memang segala sesuatu sedang berjalan buruk sekarang?  Saya percaya, tidak.  Jika anda cukup memperhatikan, anda masih dapat melihat Tuhan di tengah banyak kesukaran ini.

Dimana saya melihat Tuhan?
Saya melihat Tuhan tetap memelihara keadaan kita tidak menjadi lebih buruk.  Saya melihat Tuhan memegang minyak dunia.

Tidakkah anda melihatnya?
Situasi ekonomi sekarang memang tidak mudah. Sangat sulit bahkan. Tetapi, entah bagaimana terjadinya, harga minyak dunia turun dengan sangat drastis. Kenaikan harga BBM di Indonesia terjadi beberapa bulan lalu karena harga minyak dunia sempat mencapai 140 dolar per barel. Saat ini jeblok sampai di bawah 60 dolar.  Amazing!

Per 1 Desember nanti, harga BBM telah ditetapkan turun. Hal ini tidak pernah terjadi sejak negeri ini berdiri. Tetapi itulah yang terjadi.  Bayangkan jika harga minyak pun harus naik seperti semua komoditas lain. Itu akan menghasilkan kehidupan yang tidak lagi tertanggungkan–bahkan oleh negara adidaya sekelas Amerika. Karena itu berarti anda mungkin harus membayar satu liter bensin seharga Rp 10.000,-. Dan mungkin seikat kangkung menjadi Rp 5000,-.

Analis keuangan mungkin dapat berusaha menjelaskan fenomena ini dengan logis.  Tetapi, saya melihatnya sebagai pemeliharaan Tuhan atas keadaan kita. Dia memegang kendali. Dia masih memegang kendali. Dan Dia terus akan memegang kendali atas segala hal di tengah dunia ini.

Karena itu, mari kita berhenti mengeluh akan keadaan kita yang sulit.

Mari lakukan yang luar biasa.  Jangan terus mengeluh seperti orang-orang yang tidak memiliki Tuhan. Hiduplah penuh senyuman dan semangat dengan iman yang penuh kepada Tuhan!  Dan lihat bagaimana Tuhan akan terus memberkati kita.

Dengan Tuhan yang luar biasa seperti Kristus, kita akan baik-baik saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s